fbpx

Sejarah Jaringan Komputer

Dimulai dari sebuah proyek yang dilakukan oleh group riset Universitas Hardvard beserta Laboratorium Bell di Amerika Serikat yang mengembangkan komputer MODEL 1. Proyek tersebut dipimpin oleh Profesor Howard Aiken pada tahun 1940-an. Proyek ini dilakukan dengan tujuan untuk memanfaatkan perangkat komputer sehingga bisa digunakan secara bersama-sama. Proyek ini membuahkan hasil, sehingga beberapa program bisa dijalankan dalam sebuah komputer dengan motode antrian.

Lalu pada tahun 1950-an perkembangan sistem jaringan komputer semakin lebih baik. Dalam hal ini diwujudkan dalam bentuk penemuan konsep distribusi proses berdasarkan waktu, atau yang lebih dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System). Dengan konsep tersebut untuk pertama kalinya bentuk jaringan komputer diaplikasikan.

Pada tahun 1969 Departemen Petahanan Amerika Sertika (DARPA) memantapkan langkah mereka untuk mengadakan riset dengan tujuan untuk menghubungkan beberapa komputer sehingga membentuk jaringan organik. Proyek riset ini dikenal dengan nama ARPANET.

Pada tahun 1972 Roy Tomlinson adalah ilmuan yang bertanggung jawab terhadap pengembangan temuannya yaitu program Email atau surat elektronik. Email adalah cara yang paling brilian pada waktu itu untuk bertukar informasi dengan cepat melalui jaringan komputer yang sudah ditemukan sebelumnya dibawah ARPANET.

Pada waktu itu semua komputer yang ingin terhubung harus mendaftarkan diri mereka ke ARPANET. Hingga akhirnya jaringan komputer terus mengalami perkembangan yang bergitu pesatnya sehingga pada tahun 1982 dibentuklah sebuah Transmission Control Protocol (TCP) yang berfungsi sebagai protokol resmi yang dapat diakui oleh seluruh jaringan komputer. Jaringan komputer terus dibuat di beberapa wilayah, tidak hanya di Amerika saja, melainkan saat itu mulai bermunculan seperti di negara Eropa dengan terbentuknya EUNET (Europe Network).

Disamping perkembangan jaringan komputer yang semakin meluas, program-program yang berguna dalam hal mendukung terjalinnya komunikasi pada jaringan komputer pun mulai bermunculan. Setelah Email, lahir pula program newsgroup, IRC atau Chatting, dan World Wide Web (WWW).

Perkembangan jaringan komputer semakin tidak terkendali, hingga pada tahun 1992 komputer yang terhubung sudah lebih dari sejuta unit, dan website sudah mencapai ribuan. Sejak saat itulah, seakan lahir dunia baru yang menawarkan kemudahan di dalamnya untuk mendapatkan segala informasi yang dibutuhkan. Hingga kini teknologi jaringan komputer dapat memberikan berjuta manfaat bagi siapa saja yang menggunakannya, termasuk kita.

Referensi : http://www.mandalamaya.com

Kirim Komentar

Tinggalkan Pesan