fbpx

Perbedaan Repeater & Router

Di kutip dari dosen IT bahwa Perbedaan Repeater dan Router dapat dilihat dari berbagai sisi. Semua komponen elektronik harus terhubung satu sama lain untuk membentuk suatu kesatuan yang dapat berkerja secara sistematis, tanpa salah satu bagian maka kinerja jaringan telekomunikasi tidak akan bisa berjalan dengan semestinya. Begitu juga dengan repeater dan router merupakan dua komponen yang sangat berbeda, namun akan saling mendukung satu sama lain. Jadi seperti apa sih perbedaan antara Repeater dan Router berikut penjelasannya.

  • Repeater dapat meningkatkan kekuatan sinyal nirkabel tanpa harus memindahkan suatu perangkat komputer atau komponen routernya, sedangkan router sendiri dapat diartikan sebagai sebuah alat yang berfungsi untuk mengirimkan paket data melalui jaringan menuju perangkat tertentu yang dituju.
  • Repeater dapat diletakkan diantara komputer dan router dengan catatan jika jarak kedua sangat jauh, tanpa sebuah repeater nirkabel maka sinyal yang akan diterima sebuah komputer semakin lemah. Sedangkan router hanya bersifat statis, ia tetap sebagai penghubung antar jaringan yang mana kekuatannya tetap meskipun jarak dengan komputer jauh atau dekat sekalipun.

  • Repeater hanya akan efektif dipakai jika terdapat jaringan yang langsung terhubung ke banyak komputer dan berjarak jauh, jika jarak antara komputer dan router bisa didekatkan maka pengguna repeater justru tidak efektif karena sebuah pemborosan karena membutuhkan listrik lagi. Sedangkan router sangat efektif jika berada dalam ruang lingkup kecil dengan jumlah perangkat penerima yang lebih sedikit.
  • Dari cara kerja repeater bersifat menyebar secara bebas kepada setiap perangkat yang kompatible dan jangkauan-nya luas, sedangkan router memiliki kemampuan untuk mengetahui kemana arah rute perjalanan paket data baik menuju host lain dalam satu network atau network lain.
  • Kekurangan repeater yaitu harus diletakkan pada posisi yang tinggi, jika tidak maka sinyalnya lemah dan tidak dapat menyebar dengan sempurna, sedangkan kekurangan router yaitu harus menggunakan IP address dalam setiap proses pengiriman data.

Kirim Komentar

Tinggalkan Pesan