fbpx

Penjelasan OSPF, RIP, BGP, IGRP, dan EIGRP

  • RIP (Routing Information Protocol)merupakan protokol yang memberikan routing table berdasarkan router yang terhubung langsung. 
  • OSPF (Open Shortest Path First). OSPF adalah sebuah routing protocol standar terbuka yang telah diaplikasikan oleh sejumlah vendor jaringan dan dijelaskan di RFC 2328. 
  • EIGRP (Enhanced Interior Gateway Routing Protocol). Protokol routing ini menggunakan algoritma “advanced distance vector” dan menggunakan “cost load balancing” yang tidak sama. Algoritma yang dipakai adalah kombinasi antara “distance vector” dan “link-state”, serta menggunakan Diffusing Update Algorithm (DUAL) untuk menghitung jalur terpendekPerintah dasar Cisco mendukung protokol ini, karena protokol ini sendiri diciptakan oleh Cisco System.
  • BGP (Border Gateway Protocol). Sebagai routing protocol, BGP memiliki kemampuan untuk melakukan pengumpulan rute, pertukaran rute dan menentukan rute terbaik menuju ke sebuah lokasi dalam sebuah jaringan. Routing protocol ini juga dilengkapi dengan algoritma yang pintar dalam mencari jalan terbaik.

Kirim Komentar

Tinggalkan Pesan